Berbagai Pengobatan Rosacea


Rosacea adalah kondisi kulit umum yang menyebabkan kemerahan dan pembuluh darah terlihat di wajah Anda. Mungkin juga menghasilkan benjolan kecil, merah, dan berisi nanah. Tanda-tanda dan gejala-gejala ini dapat menyala selama beberapa minggu hingga berbulan-bulan dan kemudian menghilang untuk sementara waktu. Rosacea dapat disalahartikan sebagai jerawat, reaksi alergi atau masalah kulit lainnya.

Rosacea dapat terjadi pada siapa saja. Tetapi paling sering menyerang wanita paruh baya yang memiliki kulit putih. Meskipun tidak ada obat untuk rosacea, perawatan dapat mengontrol dan mengurangi tanda dan gejala. Jika Anda mengalami kemerahan yang terus-menerus pada wajah Anda, kunjungi dokter Anda untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Gejala
Tanda dan gejala rosacea dapat meliputi:
  • Wajah memerah. Rosacea biasanya menyebabkan kemerahan yang menetap di bagian tengah wajah Anda. Pembuluh darah kecil di hidung dan pipi Anda sering membengkak dan menjadi terlihat.
  • Benjolan merah bengkak. Banyak orang yang menderita rosacea juga mengembangkan jerawat di wajah mereka yang menyerupai jerawat. Benjolan ini terkadang mengandung nanah. Kulit Anda mungkin terasa panas dan lembut.
  • Masalah mata Sekitar setengah dari orang-orang yang menderita rosacea juga mengalami kekeringan mata, iritasi dan kelopak mata yang memerah. Pada beberapa orang, gejala mata rosacea mendahului gejala kulit.
  • Hidung membesar. Jarang, rosacea dapat mengentalkan kulit pada hidung, menyebabkan hidung tampak bulat (rhinophyma). Ini terjadi lebih sering pada pria daripada pada wanita.

Kapan harus ke Klinik Artria
Jika Anda mengalami kemerahan yang terus-menerus pada wajah Anda, kunjungi dokter atau spesialis kulit (dokter kulit) untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Penyebab
Penyebab rosacea tidak diketahui, tetapi bisa jadi karena kombinasi faktor keturunan dan lingkungan. Rosacea tidak disebabkan oleh kebersihan yang buruk.
Sejumlah faktor dapat memicu atau memperburuk rosacea dengan meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit Anda. Beberapa faktor ini termasuk:
  • Minuman panas dan makanan pedas
  • Alkohol
  • Temperatur ekstrem
  • Sinar matahari atau angin
  • Emosi
  • Olahraga
  • Kosmetik
  • Obat yang melebarkan pembuluh darah, termasuk beberapa obat tekanan darah

Faktor risiko
Siapa pun dapat mengembangkan rosacea. Tetapi Anda mungkin lebih mungkin mengembangkannya jika Anda:
  • Apakah seorang wanita
  • Memiliki kulit putih, terutama jika telah rusak oleh sinar matahari
  • Berusia di atas 30 tahun
  • Merokok
  • Memiliki riwayat keluarga rosacea

Komplikasi
Dalam kasus yang parah dan langka, kelenjar minyak (kelenjar sebaceous) di hidung Anda dan kadang-kadang pipi Anda membesar, menghasilkan penumpukan jaringan pada dan di sekitar hidung Anda - suatu kondisi yang disebut rhinophyma (rie-no-FIE-muh). Komplikasi ini jauh lebih umum pada pria dan berkembang perlahan selama beberapa tahun.

Diagnosa
Tidak ada tes khusus untuk rosacea. Sebagai gantinya, dokter mengandalkan sejarah gejala Anda dan pemeriksaan fisik kulit Anda. Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin meminta Anda menjalani tes untuk mengesampingkan kondisi lain, seperti bentuk-bentuk lain dari jerawat, psoriasis, eksim atau lupus. Kondisi ini kadang-kadang dapat menyebabkan tanda dan gejala yang mirip dengan rosacea. Hal tersebut akan dimuat di rekam medis

Pengobatan
Pengobatan untuk rosacea berfokus pada mengendalikan tanda dan gejala. Paling sering ini membutuhkan kombinasi perawatan kulit dan perawatan resep. Durasi perawatan Anda tergantung pada jenis dan tingkat keparahan gejala Anda. Perulangan sering terjadi.

Obat-obatan
Jenis obat yang diresepkan dokter tergantung pada tanda dan gejala apa yang Anda alami. Obat resep untuk rosacea meliputi:
Obat yang mengurangi kemerahan. Studi terbaru menunjukkan obat brimonidine (Mirvaso) efektif mengurangi kemerahan. Itu diterapkan pada kulit sebagai gel. Ini bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah. Anda dapat melihat hasilnya dalam 12 jam setelah aplikasi. Efek pada pembuluh darah bersifat sementara, sehingga obat perlu diterapkan secara teratur untuk mempertahankan perbaikan yang terlihat.

Produk topikal lain yang telah terbukti mengurangi kemerahan dan jerawat rosacea ringan adalah asam azelaic dan metronidazole. Dengan obat ini, perbaikan umumnya tidak muncul selama tiga hingga enam minggu.

Antibiotik oral. Antibiotik membantu mengurangi beberapa jenis bakteri tetapi kemungkinan besar melawan peradangan ketika digunakan untuk penyakit ini. Doksisiklin adalah antibiotik yang diminum sebagai pil untuk rosacea sedang hingga berat dengan benjolan dan pustula. Antibiotik oral serupa lainnya juga kadang-kadang digunakan (tetrasiklin, minosiklin, lainnya), tetapi efektivitasnya tidak didukung dengan baik oleh penelitian.

Isotretinoin. Jika Anda memiliki rosacea parah yang tidak menanggapi terapi lain, dokter Anda mungkin menyarankan isotretinoin (Amnesteem, Claravis, yang lain). Ini adalah obat jerawat oral yang kuat yang juga membantu membersihkan lesi rosacea seperti jerawat. Jangan gunakan obat ini selama kehamilan karena dapat menyebabkan cacat lahir yang serius.

Terapi
Terapi laser dapat membantu mengurangi kemerahan pada pembuluh darah yang membesar. Pilihan lain untuk mengobati pembuluh darah yang terlihat dan perubahan akibat rhinophyma adalah dermabrasi, terapi cahaya berdenyut intens dan bedah listrik.

Subscribe to receive free email updates: